Monday 11 January 2016

Monumen Pepera

| No comment

Dahulu, Belanda ingin menguasai Irian Barat (Papua), sontak pemerintah NKRI berang seketika. Akhirnya keluarlah Trikora, dan berangkatlah TNI (ABRI saat itu) dan sukarelawan menuju Irian Barat untuk mengusir Belanda. Dan pertempuranpun berlangsung. Banyak pahlawan NKRI yg berkorban darah dan nyawa demi keutuhan bangsa. 

Suatu ketika, resolusi damai disepakati, diadakanlah Penentuan Pendapat Rakyat (pepera) di Irian Barat. Pada tanggal 14 Juli 1969, rakyat Irian Barat dengan bulat menyatakan bahwa Irian Barat "mutlak" menjadi bagian NKRI yg wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Atas dasar peristiwa bersejarah itulah presiden Soeharto meresmikan monumen pepera pada tanggal 17 september di tahun yang sama.

Tags :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Accordition

sotamerauke.com adalah sebuah website yang memuat konten tentang seluk beluk kampung Sota terutama dari sudut pandang pariwisata. Mulai dari info objek wisata sampai travel guide.

Ketersediaan informasi tentang Sota, Merauke khususnya di dunia maya yang masih sangat minim menggugah admin untuk mencoba menampilkan sebanyak mungkin informasi tentang sota untuk membantu traveller yang hendak menginjakkan kaki di ujung timur Indonesia.

Admin bisa dihubungi untuk keperluan informasi tambahan yang anda butuhkan dan kritik saran sangat kami butuhkan untuk perbaikan website kedepannya. Bisa anda sampaikan melalui email wahyunur.topo@gmail.com. Admin adalah patriot energi program penggerak energi tanah air kementerian energi dan sumber daya mineral.

Patriot energi program penggerak energi tanah air merupakan program kementerian esdm yang bertujuan untuk melakukan pendampingan masyarakat yang menerima bantuan energi listrik terbarukan (solar cell) agar pemanfaatannya tepat sasaran dan membawa dampak yang positif baik dari segi ekonomi, sosial, pendidikan masyarakat dan pariwisata.