Monday 29 August 2016

Kemeriahan di Ujung Timur

| 1 Comment
Bukan sekedar perayaan hari jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia biasa seperti di daerah lain, perayaan di daerah perbatasan memiliki makna lebih sebagai pertanda dari eksistensi sebuah bangsa yang merdeka, utuh dan kuat hingga dititik terjauh. Kampung Sota, Merauke yang berbatasan langsung dengan Papua New Guinea memiliki cara unik untuk memeriahkan hari jadi Indonesia, selain upacara dan serangkaian lomba khas 17 agustus, juga mengibarkan sebuah bendera merah putih ukuran besar disebuah tower telekomunikasi bersama komunitas vespa dan motor gede Merauke.

Upacara sendiri dipimpin oleh kepala distrik Mike Ch. Walinaulik dan dihadiri jajaran pemerintah dan jajaran keamanan TNI dan POLRI serta masyarakat. Seusai upacara khidmat dilanjutkan dengan berbagai macam lomba seperti joget dengan balon, gendong nenek yang cukup unik karena melibatkan wanita lanjut usia, dan yang paling menyedot perhatian tentu panjat pinang, anak-anak Sota begitu antusias saling bahu membahu untuk menjatuhkan hadiah-hadiah menarik yang digantung diatas.

Perayaan kemerdekaan tahun ini memiliki arti sendiri dimata Mak’ruf Suroto, seorang polisi inspiratif yang telah mendedikasikan dirinya puluhan tahun untuk mengembangkan masyarakat perbatasan. Baginya, perhatian pemerintah terhadap daerah perbatasan semakin terasa, infrastruktur seperti jalan sudah bagus, jaringan telekomunikasi lancar dan baru baru ini kampung Sota telah memiliki akses listrik selama 24 jam. “Perbatasan sekarang jauh lebih diperhatikan, jalan bagus, sinyal bagus dan listrik sudah 24 jam”. 

Makruf juga memuji langkah pemerintah melalui kampanye wonderfull Indonesia untuk mempromosikan pariwisata diperbatasan, khususnya Sota yang menjadi titik nol timur Indonesia.  “Oktober nanti kementerian pariwisata bersama dinas dan masyarakat akan mengadakan festival di perbatasan untuk menarik wisatawan.” pungkas Makruf.


Dengan perbaikan kualitas hidup masyarakat di perbatasan, maka wajah bangsa kita dimata bangsa lain akan nampak mempesona. Sehingga bangsa lain pun akan menghargai dan menaruh hormat terhadap martabat bangsa. Indah Indonesia bukan hanya dipusat kota, pun di daerah tapal batas.

Akhir kata, dirgahayu Republik Indonesia.  

(catatan : dokumentasi diperoleh dari bapak Makruf Suroto dan bapak Mike Ch. Walinaulik dengan seizin yang bersangkutan).

suasana upacara
kepala distrik memimpin upacara

Tags :

1 comment:

Popular Posts

Accordition

sotamerauke.com adalah sebuah website yang memuat konten tentang seluk beluk kampung Sota terutama dari sudut pandang pariwisata. Mulai dari info objek wisata sampai travel guide.

Ketersediaan informasi tentang Sota, Merauke khususnya di dunia maya yang masih sangat minim menggugah admin untuk mencoba menampilkan sebanyak mungkin informasi tentang sota untuk membantu traveller yang hendak menginjakkan kaki di ujung timur Indonesia.

Admin bisa dihubungi untuk keperluan informasi tambahan yang anda butuhkan dan kritik saran sangat kami butuhkan untuk perbaikan website kedepannya. Bisa anda sampaikan melalui email wahyunur.topo@gmail.com. Admin adalah patriot energi program penggerak energi tanah air kementerian energi dan sumber daya mineral.

Patriot energi program penggerak energi tanah air merupakan program kementerian esdm yang bertujuan untuk melakukan pendampingan masyarakat yang menerima bantuan energi listrik terbarukan (solar cell) agar pemanfaatannya tepat sasaran dan membawa dampak yang positif baik dari segi ekonomi, sosial, pendidikan masyarakat dan pariwisata.