Wednesday 30 December 2015

TRANSPORTASI

| 1 Comment
Perjalanan menuju Merauke bisa ditempuh melalui jalur laut maupun udara. Sebagai panduan kami akan memberikan sedikit informasi transportasi menuju Sota, Merauke dari Jakarta. Biasanya, perjalanan dimulai dari bandara Soekarno Hatta, Jakarta kemudian singgah di Makasar atau ada juga yang langsung menuju bandara Sentani, Jayapura. Penulis menempuh perjalanan udara dari Soeta langsung ke Sentani selama 7 jam. 

Dari Jayapura perjalanan dilanjutkan menuju bandara Mopah, Merauke selama kurang lebih satu jam. Jadi total waktu tempuh Jakarta-Merauke selama 8 jam terbang. Soal harga sudah tahu sendiri ya, semakin bagus pelayanan tentu harga lebih mahal. Garuda, Lion, Sriwijaya melayani penerbangan Jakarta-Merauke.

ilustrasi perjalanan Jakarta - Sota
Setelah sampai di Mopah, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Wamanggu dengan naik angkutan kota dengan harga 5.000,00 (tahun 2016). Disini jarak dekat atau jauh harga angkot tetap sama. Di terminal Wamanggu anda bisa naik bus perintis damri pukul 8.00 WIT menuju sota dengan tarif Rp. 25.000 (Desember 2015), anda akan diantar sampai dekat taman ujung timur Indonesia, Sota. Perjalanan naik bus kurang lebih 1.5 jam perjalanan.

Bus Damri

Opsi lain jika bus damri jurusan sota penuh anda bisa naik bus jurusan Erambu Toray atau jurusan Muting pada pukul 08.00 WIT (ketiganya berangkat hampir bersamaan, tergantung penumpang), bus akan berhenti di titik transit Sota, namun anda harus jalan 1 kilometer untuk menuju taman ujung timur Indonesia, karena damri Erambu Toray dan Muting hanya berhenti di jalan raya.

Contact Person :  Abraham Ngganggurop (0852-4448-3778) - Petugas terminal Wamanggu. 

Opsi lain lagi anda sewa angkutan kota (masyarakat menyebutnya taksi, entah kenapa) dengan tarif berkisar 400.000 rupiah, ada juga pick up dan mobil 4WD yang tentu harganya lebih mahal, sekitar 1.5 juta perhari untuk muatan sekitar 5 orang. Biasa harga bisa nego. Untuk selanjutnya bisa menghubungi ketua himpunan angkutan hi line, Edi Latumahina (0852-3211-1122). Keuntungan jika menyewa hi line bisa diantar putar-putar Sota dan ditunggu hingga wisata selesai.

Untuk perjalanan menuju kota, anda bisa ikut bus damri jurusan sota-merauke biasa pukul 11 atau setegan 12 tiba di Sota. Ada juga bus jurusan erambu toray yang transit di sota pukul 12 dan setengah 3. Biaya tetap sama 25 ribu rupiah. 


Tags :

1 comment:

Popular Posts

Accordition

sotamerauke.com adalah sebuah website yang memuat konten tentang seluk beluk kampung Sota terutama dari sudut pandang pariwisata. Mulai dari info objek wisata sampai travel guide.

Ketersediaan informasi tentang Sota, Merauke khususnya di dunia maya yang masih sangat minim menggugah admin untuk mencoba menampilkan sebanyak mungkin informasi tentang sota untuk membantu traveller yang hendak menginjakkan kaki di ujung timur Indonesia.

Admin bisa dihubungi untuk keperluan informasi tambahan yang anda butuhkan dan kritik saran sangat kami butuhkan untuk perbaikan website kedepannya. Bisa anda sampaikan melalui email wahyunur.topo@gmail.com. Admin adalah patriot energi program penggerak energi tanah air kementerian energi dan sumber daya mineral.

Patriot energi program penggerak energi tanah air merupakan program kementerian esdm yang bertujuan untuk melakukan pendampingan masyarakat yang menerima bantuan energi listrik terbarukan (solar cell) agar pemanfaatannya tepat sasaran dan membawa dampak yang positif baik dari segi ekonomi, sosial, pendidikan masyarakat dan pariwisata.